Tips Membangun Usaha untuk Mahasiswa Kost dan 5 Ide Bisnis Online

usaha untuk mahasiswa kost

Membangun usaha untuk mahasiswa kost saat ini bukanlah sebuah kemustahilan. Apakah mahasiswa yang masih ngekos sudah bisa memulai karirnya sebagai pengusaha? Tentu saja bisa! Mahasiswa ataupun sarjana sama-sama punya kesempatan yang setara untuk membentuk dirinya menjadi seorang pebisnis.

Berhasil atau tidaknya bukan semata-mata berpatokan pada gelar. Namun bertumpu pada niat, keseriusan, disiplin dan konsistensi. Tim bincangramai.com memahami dengan baik bagaimana masa-masa kuliah ada kalanya terasa berat.

Apalagi buat para mahasiswa kost yang seringkali uang saku dari orang tua sudah habis di tengah bulan. Mau meminta uang saku lagi, merasa nggak enak. Paham bahwa orang tua sudah bekerja keras membanting tulang untuk bisa menyekolahkan hingga ke universitas.

Tak heran jika di masa-masa kuliah, banyak mahasiswa yang tak ingin menyia-nyiakan waktunya hanya belajar di dalam kampus lalu pulang ke kosan. Beberapa di antaranya getol melamar part-time job. Sementara sebagian lainnya saling bekerjasama untuk membangun usaha.

Buat sahabats bincangramai.com yang saat ini masih duduk di bangku kuliah dan merasa ingin punya pengalaman di luar akademis, berikut ini telah kami siapkan tips khusus, spesial untuk Anda.

Tips Membangun Usaha untuk Mahasiswa Kost

Menjadi pengusaha sejak kuliah bisa banget kok dilakukan. Apalagi di zaman seperti sekarang, hal tersebut makin terbuka lebar. Keberadaan media sosial juga sangat membantu bagi sahabats untuk memulai usaha.

Nah, buat Anda yang sudah komit membangun usaha untuk mahasiswa kost, sebaiknya perhatikan dulu beberapa tips di bawah ini.

1. Temukan Big Why

Coba tanyalah kepada diri sendiri, apakah keinginan untuk membangun usaha benar-benar memiliki landasan yang kuat. Ataukah hanya karena keinginan semu semata?

Misal karena melihat teman-teman di sekeliling mulai asyik menjalankan bisnis kecil-kecilan dan hasilnya cukup oke, lalu Anda jadi kepengen ikutan.

Kepengen ikutan saat melihat usaha teman berhasil sah-sah aja sih. Namun yang perlu digaris bawahi, sahabats juga perlu tahu bahwa di balik keberhasilannya, pasti ada onak dan duri. Pasti ada proses yang tak mudah.

So, agar Anda tak mudah terjatuh dalam proses membangun usaha, temukan dulu alasan terkuat mengapa ingin memulai berbisnis. Ingin punya banyak uang, ingin membuka lapangan pekerjaan utuk orang-orang di sekitar, ingin memperbaiki nasib?

Temukan sebanyak-banyaknya alasan dan pilih satu yang paling kuat. Lalu tulis besar-besar alasan itu, dan tempelkan di dinding kamar. Sehingga saat berproses membangun usaha, ada banyak tantangan yang harus dijalani, Anda akan tetap kuat dan semangat.

2. Tentukan Jenis Usaha

Setelah big why ditemukan. Kini saatnya untuk menentukan jenis usaha yang paling cocok untuk Anda.

Ada beberapa pebisnis yang menyarankan untuk memilih usaha sesuai passion. Namun di satu sisi, ada pula saran untuk memulai usaha apa saja yang berpeluang untuk menghasilkan income.

Sekali lagi hal ini kembali pada kebutuhan masing-masing. Apapun jenis usaha yang dipilih, pastikan Anda sudah punya gambaran bagaimana akan menjalaninya ke depan.

3. Buat Rancangan Usaha

Setelah jenis usaha dipilih, kini saatnya buat rancangan besar untuk usaha tersebut. Ingin seperti apakah usaha itu dibangun ke depannya? Berapa modal yang diperlukan?

Apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha tersebut? Target usaha dalam sebulan, dua bulan, atau setahun ke depan. Apakah akan memulainya sendiri atau berkolaborasi dengan orang lain?

Hal-hal seperti ini wajib dipertimbangkan agar proses berjalannya bisnis ke depan bisa lebih baik.

4. Pilih Partner yang Klik

Apabila sahabats telah menentukan pilihan untuk berkolaborasi dengan seorang teman atau beberapa kenalan, hal terpenting adalah Anda sudah kenal dengan baik orang tersebut. Jangan tergiur bujuk rayu dari orang yang baru dikenal, dan memberikan iming-iming yang terasa indah dan besar.

Anda harus meneliti dengan baik-baik. Pastikan juga visi misi sahabats dengan partner sudah sangat klop dan sejalan. Hal ini untuk meminimalisir keretakan hubungan di tengah proses membangun usaha.

5. Bekali Diri dengan Ilmu dan Wawasan tentang Bisnis

Adab sebelum ilmu dan ilmu sebelum amal adalah sebuah prinsip yang harus digenggam erat. Sebelum mengilmui sesuatu, ada baiknya sahabats belajar dari para pebisnis senior.

Bersilaturahmi dengan orang-orang yang telah lebih dulu terjun ke bidang bisnis, dan meminta saran serta masukan. Dari obrolan-obrolan tersebut, sedikit demi sedikit ilmu dan wawasan Anda terhadap bisnis akan berkembang.

Selalu ada bedanya orang yang belajar dan tidak. Maka jangan pernah sepelekan belajar sebelum nyemplung dalam-dalam.

6. Mulai Saja, Hempaskan Ragu

Jenis usaha sudah fix, partner sudah ada, modal cukup, bekal ilmu juga siap, maka apa selanjutnya? Tentu saja segera mulai tanpa tapi dan nanti.

Semakin lama ditunda, semakin keraguan dalam diri akan membesar dan usaha yang Anda idam-idamkan hanya tetap akan berbentuk impian, tanpa pernah menjadi kenyataan.

7. Pastikan Kuliah Tidak Terbengkalai

Saat Anda sedang menjalani usaha, tetaplah ingat bahwa kewajiban utama sahabats adalah menyelesaikan kuliah tepat waktu. Jangan hanya karena telah bisa menghasilkan uang sendiri, lalu lantas melupakan kewajiban tersebut.

Ingat menyelesaikan kuliah adalah salah satu tanggungjawab Anda terhadap kedua orang tua. Meski mereka pastinya ikut senang Anda membangun usaha di atas kaki sendiri, yakin deh mereka juga pasti menantikan masa-masa hadir ke wisuda dan menatap gagah diri Anda mengenakan toga.

Setelah memahami tips membangun usaha di atas, penting bagi sahabats untuk mengatur waktu antara kuliah dan berbisnis dengan baik. Tentu saja agar keduanya bisa seiring sejalan.

ide bisnis online untuk mahasiswa

5 Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa

Buat yang masih merasa bingung dan belum punya ada bayangan mau memulai usaha apa, tim bincangramai.com sudah menyiapkan 5 ide bisnis online untuk mahasiswa paling yahud nih.

1. Jasa Penerjemahan

Punya skill bahasa asing, atau sedang berkuliah bahasa asing? Kenapa tidak ambil peluang ini sebagai sarana melatih diri sekaligus mempraktekkan apa yang telah dipelajari?

Nggak perlu banyak modal, yang penting keberanian dan konsistensi. Anda bahkan bisa memulainya hanya dengan modal hp dan kuota.

Sebarkan info bahwa Sahabats membuka jasa penerjemahan, tawarkan kepada teman-teman di kampus. Sekali saja dapat pelanggan dan Anda mengerjakannya dengan sepenuh hati, pelanggan-pelanggan berikutnya akan segera berdatangan.

2. Jasa Penulisan Artikel

Content writer masih berjaya. Meski sepertinya dunia visual jauh lebih disukai, nyatanya masih banyak lo pemilik website yang membutuhkan jasa penulis konten.

Jika sahabats merasa punya minat terhadap bidang ini, cuzz mulai saja dengan membuat akun medsos tentang usaha Anda. Mulai sebarkan di kalangan mahasiswa, ikut forum-forum menulis dan jalani prosesnya.

3. Editing Foto dan Video

Apabila editing foto dan video adalah salah satu keahlian Anda, selamat sahabats punya potensi untuk menjadi videographer dan photographer yang kini banyak dibutuhkan. Anda bisa memulai dengan menerima tawaran foto produk atau membuatkan video dari teman sesama mahasiswa.

4. Jasa Pembuatan Website

Anak IT dan bisa membuat website? Tunjukkan skill dan ambil peluang yang kini banyak terbuka lebar. Kini makin banyak UMKM yang berlomba-lomba memiliki website, cuzz perkaya portfolio.

Apalagi jika sahabats juga paham tentang SEO dan digital marketing, bisa makin joss tuh usaha pembuatan website yang dibangun.

5. Thrift Shop

Lebih suka berdagang? Online thrift shop saat ini sedang marak dicari. Anda bisa memulainya dengan memgumpulkan barang-barang bekas milik teman sesama mahasiswa yang tak lagi dipakai.

Cuci dan berikan sentuhan sedikit pada barang-barang bekas tersebut. Bersabarlah dengan proses, yakinlah hasil tidak akan pernah mengkhianati kerasnya usaha.

Nah, bagaimana sahabats dengan tips membangun usaha untuk mahasiswa kost beserta lima ide bisnis online yang cukup menjanjikan di atas? Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke lebih banyak orang ya. Terima kasih.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga Bincang Ramai bisa membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya.



Terima kasih.

Previous Post Next Post